Tim Nasional Gabon



Team sepak bola nasional Gabon, (bahasa Prancis: Équipe nationale de football du Gabon) sebagai wakil Gabon dalam sepak bola perkumpulan internasional pria, Nama panggilan team ialah Brasil serta diperintah oleh Asosiasi Sepakbola Gabon, Mereka belum pernah penuhi ketentuan untuk Piala Dunia FIFA, tapi mempunyai kwalifikasi 7x (per 2017) untuk Piala Afrika, Team ini sebagai wakil FIFA serta Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Gabon mengawali kiprahnya pada 13 April 1960 dengan masuk kompetisi Permainan Pertemanan (Jeux de L'Amitié) pertama, yang dibikin untuk beberapa negara Afrika berbahasa Prancis (perintis untuk Laga Afrika modern), diselenggarakan di Antananarivo, Madagaskar. Di Set Pertama mereka bermain seri menantang Volta Atas (saat ini Burkina Faso), yang lakukan kiprah mereka, serta kalah 5-4, walau pimpin 3-2 di set pertama. [3] [4] [5] Mereka tidak mainkan laga lain semasa lebih satu 1/2 tahun, sampai kompetisi selanjutnya diselenggarakan, pada bulan Desember 1961 di Abidjan, Pantai Gading. [3] Mereka ditarik di Pool 3 bersama-sama Kamerun serta Senegal. Gabon mengawali kompetisi dengan kekalahan 3–2 dari Senegal pada Hari Natal, saat akan dihancurkan 6-0 oleh Kamerun pada Boxing Day, usai di tempat terikuth group mereka. [6] Beberapa waktu sesudah kompetisi, Asosiasi Sepakbola Gabon (Asosiasi Gabonaise de Football) dibuat untuk dengan cara sah memantau perubahan timnas serta laga domestik. [7] Perkumpulan baru tak perlu menanti lama untuk kemenangan pertama mereka, sebab dalam laga selanjutnya pada 14 Juli 1962 mereka menaklukkan Kongo 3-1 dalam laga pertama mereka di kandang. Mereka mainkan 2 laga lagi di tahun 1962, hasil seimbang 1-1 dengan Kamerun pada tanggal 20 Agustus, kenaikan besar dari tatap muka mereka awalnya, serta kekalahan 3-1 di Kongo pada 16 September, sebelum masuk Laga Pertemanan ke-3 serta paling akhir diselenggarakan pada bulan April 1963 di Dakar, Senegal. [3] Mereka ditarik di Group C, dengan Gambia Inggris, team amatir Prancis, serta Volta Atas. Mereka dibuka pada 12 April dengan kemenangan kuat 4-0 atas Volta, tapi ditaklukkan 3-0 oleh amatir Perancis dua hari setelah itu. Mereka bermain seri 2-2 di laga paling akhir mereka dengan Gambia Inggris pada 16 April serta usai di posisi kedua dalam group, kenaikan yang riil atas 2 performa awalnya di kompetisi; tetapi cuma juara group yang maju serta karenanya Gabon dieliminasi. [8] Beberapa waktu selanjutnya, Gabon masuk kwalifikasi untuk Piala Dunia FIFA 1966 yang diselenggarakan di Inggris. Tetapi, pada 8 Oktober 1964 mereka memundurkan diri dari pertandingan, dengan semua pendatang Afrika yang lain, untuk protes atas ketetapan FIFA untuk cuma memberi 1 final ke semua Afrika, Asia serta Oseania. [9] [10]

Untuk dari hasil memboikot ini, Gabon tidak mainkan laga lain lebih dari 2 tahun sampai Agustus 1965, saat mereka melayani tandukan ganda ramah menantang Nigeria, menggambar 2-2 pada 28 Agustus serta kalah 4-1 di hari selanjutnya. Pada Kongres FIFA ke-35 yang diselenggarakan di London, Inggris pada tanggal 6 Juli 1966, Gabon dengan cara sah disadari untuk anggota penuh FIFA. [7] Mereka mainkan laga selanjutnya pada 2 Desember 1966 saat mereka menanggung derita kekalahan 4–3 menantang Republik Demokratik Kongo, sebelum bermain lagi pada 4 Januari 1967 di dalam rumah, kesempatan ini menang 1-0. Mereka mainkan satu lagi laga pertemanan, kekalahan 3-0 di kandang dari Pantai Gading pada 28 Maret, sebelum masuk kwalifikasi untuk kompetisi sepakbola Olimpiade 1968, yang diselenggarakan di Meksiko. [11] Di Set Pertama, mereka ditarik menantang Guinea dengan siapa mereka menggambar putaran pertama 0-0 di dalam rumah pada 18 Juni, sebelum ditaklukkan di putaran kedua 6-1, pada 9 Juli. [12] Di tahun 1967, mereka jadi anggota penuh CAF. [13] Mengejar dari kwalifikasi Olimpiade, Gabon tidak mainkan laga lain lebih dari 2 tahun sampai mereka lakukan perjalanan ke Dahomey (saat ini Benin) pada 24 Agustus 1969 untuk bermain pertemanan, yang mereka kalah 1-0.

Dalam Piala Afrika 2010, Gabon menaklukkan Kamerun 1-0 serta mempunyai kesempatan baik untuk maju ke perempat final sesudah hasil seimbang tanpa ada gol menantang Tunisia. Tetapi, Gabon kalah 2-1 dari Zambia waktu mereka usai di group dengan dasi tiga arah dengan Zambia serta Kamerun. Gabon cuma cetak 2 gol di set penyisihan group serta tersisih di tiebreak gol yang diciptakan. Pada Piala Afrika 2012, Gabon jadi tuan-rumah bersama-sama kompetisi itu sebab memenangi laga group mereka: 2-0 menantang Niger, 3-2 menantang Maroko, serta 1-0 menantang Tunisia. Laga ke-2 lihat Gabon maju ke perempat final pertama semenjak 1996 pada kondisi paling menegangkan. Gabon sudah kembali lagi untuk pimpin 2-1 cuma buat Maroko untuk mengikat laga di saat pemberhentian awal. Tetapi, pada permainan paling akhir laga, Gabon cetak gol di menit ke-8 waktu penambahan, dari sepakan bebas langsung. Pada akhirnya, Gabon kalah 5-4 dalam beradu penalti (1-1 a.e.t) di perempat final menantang Mali, sesudah penalti yang ditinggalkan oleh Pierre-Emerick Aubameyang, yang sudah cetak 3 gol di kompetisi.

Popular posts from this blog

Tim Nasional Kamerun

Tim Nasional Chad