Tim Nasional Kamerun



Team sepak bola nasional Kamerun, (Prancis: Équipe nationale du camerounaise de football) sebagai wakil Kamerun dalam sepakbola internasional pria serta dikontrol oleh Fédération Camerounaise de Football. Team ini sudah penuhi ketentuan 7x untuk Piala Dunia FIFA, lebih dari pada team Afrika yang lain (di tahun 1982, 1990, 1994, 1998, 2002, 2010 serta 2014). Tetapi, team cuma sukses keluar dari set penyisihan group. Mereka ialah team Afrika pertama yang capai perempat final Piala Dunia FIFA di tahun 1990, kalah dari Inggris dalam waktu perpanjangan. Mereka sudah memenangi lima Piala Afrika serta emas Olimpiade di tahun 2000. Team ini sebagai wakil Kamerun baik di FIFA atau Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Kamerun mainkan laga pertama kalinya menantang Kongo Belgia di tahun 1956, kalah 3-2. Mereka pertama-tama maju ke Piala Afrika di tahun 1970, tapi tersisih di set pertama. 2 tahun selanjutnya, untuk negara tuan-rumah, Lions Indomitable ada di posisi ke-3 sesudah tersisih oleh tetangga mereka serta juara hari esok Kongo di Piala Afrika 1972. Mereka tidak penuhi ketentuan untuk pertandingan semasa sepuluh tahun lagi.

Kamerun penuhi ketentuan untuk Piala Dunia FIFA pertama kalinya di tahun 1982. Dengan kenaikan 16 jadi 24 team, Kamerun penuhi ketentuan dengan Aljazair untuk sebagai wakil Afrika di Spanyol. Kamerun masuk dalam Group 1 dengan juara pada akhirnya Italia, Polandia, serta Peru. Dalam laga pertama mereka, Kamerun hadapi Peru serta bermain seri 0-0. Mereka selanjutnya mempunyai hasil seimbang tanpa ada gol ke-2 dengan Polandia sebelum seimbang 1-1 mengagetkan dengan Italia. Walau tidak terkalahkan, mereka tidak berhasil maju ke set ke-2.

2 tahun selanjutnya, Kamerun maju ke Piala Afrika 1984, yang diselenggarakan di Pantai Gading. Mereka finish ke-2 di group set pertama mereka sebelum menaklukkan Aljazair lewat beradu penalti di semi final. Di final, Kamerun menaklukkan Nigeria 3-1 dengan gol dari René N'Djeya, Théophile Abega serta Ernest Ebongué menjadi juara Afrika untuk kali pertamanya.

Kamerun maju ke Piala Dunia 1990 dengan melebihi Nigeria serta menaklukkan Tunisia di set playoff set final. Dalam kompetisi final, Kamerun ditarik ke Group B bersama-sama Argentina, Rumania, serta Uni Soviet. Kamerun menaklukkan juara bertahan Argentina dalam laga pembuka 1-0 dengan gol yang diciptakan oleh François Omam-Biyik. Kamerun selanjutnya menaklukkan Rumania 2-1 serta kalah dari Uni Soviet 0–4, jadi team pertama yang menempati pucuk group Final Piala Dunia dengan beda gol negatif. Di set ke-2, Kamerun menaklukkan Kolombia 2-1 dengan Roger Milla yang berumur 38 tahun cetak 2 gol di waktu perpanjangan.

Di perempat final, Kamerun hadapi Inggris. Sesudah 25 menit, pemain Inggris David Platt cetak gol untuk Inggris, sesaat di set ke-2, Kamerun kembali lagi dengan penalti di menit ke-61 dari Emmanuel Kundé serta pimpin dengan Eugène Ekéké di menit ke-65. Inggris, bagaimana juga, menyamai posisi pada menit ke-83 dengan penalti dari Gary Lineker, sesaat Lineker kembali lagi cetak gol lewat penalti di menit ke-105 untuk bikin score akhir 3-2 untuk Inggris. Team ini dilatih oleh manager Rusia serta bekas pemain Valeri Nepomniachi.

Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat melihat rekonsilasi representasi untuk tiga team Afrika berhasil lolos. Kamerun penuhi ketentuan dengan Nigeria serta Maroko. Dalam kompetisi final, Kamerun ditarik ke Group B dengan Swedia, Brasil, serta Rusia. Sesudah seimbang 2-2 menantang Swedia, Kamerun berkemauan untuk bikin efek. Tetapi, kekalahan 3-0 dari Brasil serta kerugian 6-1 dari Rusia membuat mereka tersisih. Dalam laga paling akhir mereka menantang Rusia, Roger Milla yang waktu itu berumur 42 tahun jadi pemain paling tua yang bermain serta cetak gol dalam laga final Piala Dunia. Team ini dilatih oleh Henri Michel kelahiran Perancis.

Kamerun mengawali pertandingan Piala Afrika 2017 dengan hasil seimbang 1–1 ke Burkina Faso. Itu diiringi oleh kemenangan 2-1 menantang Guinea-Bissau, serta hasil seimbang tanpa ada gol yang memberikan keyakinan menantang tuan-rumah Gabon. Hasil ini cukup buat Kamerun untuk berhasil lolos dari set penyisihan group ke perempat final, dimana mereka berjumpa Senegal dalam laga dekat yang Kamerun menangkan 5–4 dalam beradu penalti sesudah usai 0-0 sesudah waktu perpanjangan. Di Semi-final, Kamerun berjumpa Ghana serta memenangi laga 2-0 untuk maju ke final.

Pada tanggal 5 Februari 2017, serta sesudah laga dekat, Kamerun memenangi Piala Afrika untuk ke-5 kalinya sesudah menaklukkan juara 7x Mesir 2-1 di final, [8] oleh gol akhir Vincent Aboubakar pada menit ke-89. pas. [9] Untuk juara, Kamerun maju ke Piala Konfederasi FIFA 2017 di Rusia.

Popular posts from this blog

Tim Nasional Chad

Tim Nasional Gabon